Friday, July 19, 2024

Kesabaran

 Seringkali di hidup ini kesabaran seseorang dicoba oleh Allah. Untuk melihat kualitas hamba tersebut. Kadang cobaan itu sangat berat dan menjadi beban. Tapi itu semua adalah atas kehendak Allah. Maka seorang hamba yang daif hanya bisa menwrima dan ikhlas atas cobaan itu.

Cobaan yang datang kepada manusia mempunyai banyak hikmah. Secara dzahir memang terlihat berat. Namun apabila seorang hamba meresapi hikmah di dalamnya. Maka terdapat banyak hikmah yang akan didapat seorang hamba.

Salaha satu hikmahnya  adalah dia akan semakin kuat, karena musibah yang datang akan menempa dirinya. Sehingga akan memberikan efek yang positif dalam hidupnya.

Mungkin anda bisa merasakan sendiri efek dari sebuah musibah dalam hidup. Banyak sekali tokoh dan orang sukses di dunia ini. Yang pada awal hidupnya dipenuhi dengan kesulitan-kesulitan. Namun hal tersebut yang malah membuatnya sukses di kemudian hari.

Nabi Muhammad ketika berdakwah di mekkah, mendapatkan halangan dan cobaan yang sangat berat. Mulai sari cacian dan hinaan, dituduh tukang sihir, dilempari kotoran hewan, dll. Tapi beliau melaluo semua hal tersebut dwngan sabar. Terbukti nantinya beliau ketika hijrah ke  Madinah, mampu membangun sebuah peradaban Islam yang nantinya berkembang ke seluruh penjuru dunia.

Ini adalah salah satu contoh . Selain itu, Banyak sekali contoh contoh yang lain, banyak sekali  tokoh-tokoh di dunia yang  di awal hidupnya mengalami kesusahan, tapi karena hal tersebut dia mendapatkan kesuksesan di kemudian hari. 

Maka sabar adalah kuncinya, tetap optimis akan masa depan. Tetap Berusaha dan bertawakkal kepada Allah. Dengan ini maka insya Allah seseorang akan mendapatkan kesuksesan dalam hodupnya. Baik di dunia maupun di akhirat. 

sabtu pagi, 20 juli 2024

No comments: