Tuesday, August 6, 2024

Cobaan itu menguatkan

 Seperti orang yang harus diberi vaksin agar tubuh menjadi kebal terhadap penyakit. Begitupun juga manusia akan diberikan ujian agar dia bisa mengarungi kehidupan di dunia yang penuh lika liku ini dengan kehidupan yang bermakna dan husnul khatimah. 

Cobaan itu tamparan kasih sayang Allah. Sebagai hamba yang beriman kepapa Allah. Ujian bisa kita maknai dengan tiga hal.

Pertama, ujian adalah bentuk peringatan dari Allah kepada manusia ketika banyak melakukan maksiat di dunia ini. Hamba yang masih mendapatkan perlindungan dari Allah. Akan diberi cobaan atas semua kesalahan-kesalahan yang telah dia perbuat. Agar dia sadar dan segera kembali bertaubat kepada Allah. 

Manusia yang ketika mendapatkan musibah atas dosa-dosa dan kesalahan -kesalahan yang dia lakukan, kemudian dia sadar dan segera bertaubat kepada Allah. Maka, dia termasuk orang yang beruntung. Karena bisa berubah dari kejelekan menuju kebaikan. Sungguh dia orang yang beruntung.

Namun, ada juga manusia yang diulur oleh Allah (istidraj). Walaupun banyak melakukan maksiat dan keaalahan. Nikmat masih terus bergulir kepadanya. Hidupnya nyaman-nyaman saja. Tidak ada sesuatu hal yang terjadi kepadanya. Hati-hati... mungkin hal tersebut adalah istidraj dari Allah. Yang nantinya dia akan diminta pertanggung jawaban atas keburukan yang di dunia dengan siksaan yang pedih di akhirat. Na'udzu billahi min dzalik. (Bersambung)

No comments: